Sistem Penunjang Keputusan (DSS)
Definisi :
Sistem Komputer yang interaktif yang membantu pembuatan keputusan dalam menggunakan dan memanfaatkan data dan model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur.
Tujuan
Memberikan dukungan untuk pembuatan keputusan pada masalah yang semi/tidak terstruktur.
Memberikan dukungan pembuatan keputusan kepada manajer pada semua tingkat dengan membantu integrasi antar tingkat.
Meningkatkan efektifitas manajer dalam pembuatan keputusan dan bukan peningkatan efisiennya.
Karakteristik SPK
Adaptability
Flexibility
User friendly
Support Intelligence, design, choice
Effectiveness
Tiga Tingkat Teknologi SPK
1. Spesific DSS
Merupakan hardware/software yang memungkinkan seseorang/ sekelompok orang pengambil keputusan melakukan analitis terhadap suatu masalah tertentu.
2. DSS Generator
Suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat dan mudah membuat specific DSS
3. DSS Tools
Hardware /software yang membantu pembuatan specific DSS/Generator DSS
Manfaat SPK
Meningkatkan jumlah alternatif yang dipilih
Pemahaman yang lebih baik tentang bisnis
Respon yang cepat terhadap situasi yang tidak diharapkan.
Kontrol yang lebih baik
Komponen Arsitektur SPK
1. Komponen Data
Sumber data
Kontribusi vendor
2. Komponen Dialog
Knowledge Base
Bahasa Tindakan
Bahasa Representasi
3. Komponen Model
Model Optimasi
Model Deskriptif
Model Probabilistik
Model Deterministik
Perbedaan SIM, SPK, EDP
1. SIM
Fokus pada pengorganisasian informasi dari perusahaan
Alur informasi terstruktur
Aktifitas : tanya jawab & penyusunan laporan
2. SPK
Mengkhususkan pada pengambilan dari pada manajer tingkat atas.
Menekankan pada fleksibilitas, adaptibilitas dan mampu memberi respon dengan cepat.
User memiliki kontrol penuh dalam berinteraksi
3. EDP
Fokus pada data
Proses transaksi yang efisien
Mengintegrasi file-file dari pekerjaan sejenis
Membuat ringkasan untuk laporan bagi manajemen.
0 komentar:
Posting Komentar