Rabu, 08 Oktober 2014

Indonesia berambisi kuasai teknologi untuk perkuat daya saing

Indonesia berambisi kuasai teknologi untuk perkuat daya saing

Reporter : Angga Yudha Pratomo | Rabu, 8 Oktober 2014 11:58



Indonesia berambisi kuasai teknologi untuk perkuat daya saing
Pameran Teknologi Pengolahan Pertanian Kementan. ©2014 Merdeka.com
Merdeka.com - Kementerian Riset dan Teknologi tengah menggarap dan mengembangkan pusat unggulan iptek di beberapa daerah di Indonesia. Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta menyebut, ini dilakukan agar daya saing teknologi Indonesia semakin kuat.
Beberapa daerah di wilayah Sumatera dan Jawa Barat sudah menjalankan program pengembangan iptek. Pengembangan iptek di setiap daerah disesuaikan dengan keunggulan masing-masing daerah.
"Mimpi kami itu agar jadi menguasai teknologi dari hulu sampai hilir. Seperti, pusat unggulan kelapa sawit di Medan, pusat hortikultura di Bogor dan lainnya," ujar Hatta di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (8/10).
Selain di wilayah barat Indonesia, pihaknya juga mengaku mengembangkan iptek untuk kemajuan wilayah timur Indonesia. Papua harus mempunyai pusat unggulan iptek dengan keunggulan daerahnya. "Di Papua juga harus di bina, agar jadi pusat unggulan sagu," ujarnya.
Saat ini, iptek semakin maju. Pengembangannya bisa digunakan untuk pelbagai sektor. Salah satunya sektor energi. Indonesia menyimpan potensi energi alam yang besar dan bisa dikembangkan dengan bantuan teknologi. Sehingga Hatta merasa optimis Indonesia tidak akan kekurangan energi.
"Indonesia ini seharusnya tidak kekurangan energi, karena ada batu bara. Kita juga punya panas bumi 40 persen dunia, tapi baru kita garap sekitar 5 persen ya. Apalagi kita ini daerah tropis, ada matahari, seharusnya bisa. Apalagi ada angin kan jadi bisa gunakan baling-baling," jelasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com