Rabu, 08 Oktober 2014

Ancaman Keamanan Sistem Informasi


  • Hacker adalah Seorang yang mempunyai keinginan untuk mengetahui secara mendalam mengenai kerja suatu system, komputer atau jaringan komputer, sehingga menjadi orang yang ahli dalam bidang penguasaan sistem, komputer atau jaringan komputer. Sedangkan Hacking yaitu sikap dan kemampuan yang pada dasarnya harus dipelajari sendiri.
  • Cracker adalah seorang yang membuat program untuk menembus system keamanan atau system komputer secara illegal. Chrack biasanya diterapakan dalam software/apalikasi tujuannya untuk keamanan.
  • White Hat hacker adalah suatu kelompok yang dapat bekerja sendiri ataupun bekerja sama dengan client untuk mengamankan sistem mereka.
  • Black Hat hacker ini adalah suatu kelompok yang tidak mengindahkan etica, black hat melakukan eksploitasi sistem untuk kepentigan pribadi ataupun kepentingan polotik.
  • Script Kiddie adalah seseorang yang memiliki kemampuan kurang dalam dunia internet yang hanya bisa menggunkan tools orang lain untuk melakukan serangan terhadap jaringan internet, biasanya hanya untuk sensasi.
  • Elite adalah Mengerti sistem luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien & trampil, menggunakan  pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai ‘suhu’.
  • Vulnerablemerupakan suatu kelemahan yang memungkinkan seseorang untuk masuk dan mendapatkan hak akses kedalam komputer yang dituju(target). Biasanya vulnerability adalah kelemahan yang dikarenakan kesalahan setting ataupun ataupun ketidaktahuan administrator.
  • Security hole Merupakan adalah suatu kelemahan yang memungkinkan seseorang untuk masuk dan mendapatkan hak akses ke dalam komputer yang dituju(target)
  • Bug adalah suatu kesalahan desain pada suatu perangkat keras komputer atau perangkat lunak komputer yang menyebabkan peralatan atau program itu tidak berfungsi semestinya. Kekutu umumnya lebih umum dalam dunia perangkat lunak dibandingkan dengan perangkat keras.
  • Exploit adalah sebuah kode yang menyerang keamanan komputer secara spesifik. Exploit banyak digunakan untuk penentrasi baik secara legal ataupun ilegal untuk mencari kelemahan (Vulnerability) pada komputer tujuan. Remote exploit adalah teknik exploitasi yang dilakukan secara remote melalui jaringan.  Exploit jenis ini biasanya menyerang server/daemon yang sedang “LISTEN” di port tertentu. Sedang kan Local Exploit, adalah program/eksploit yang jika dijalankan pada mesin atau target yang telah dijebol sebelumnya dengan sasaran server itu sendiri yang akan mengakibatkan kita akan mendapatkan root shell di mesin/server sasaran yang berarti kita mempunyai akses root dimesin (hak akses yang terbatas lalu menjadi tidak terbatas).
  • Logical Bomb, merupakan Salah satu program jahat yang ditempelkan pada program komputer agar memeriksa suatu kumpulan kondisi di sistem. Ketika kondisi-kondisi yang dimaksud ditemui, logik mengeksekusi suatu fungsi yang menghasilkan aksi-aksi tak diotorisasi.
  • Penetration Testing, merupakan uji coba yang melakukan verifikasi dari mekanisme perlindungan yang dibuat oleh sistem, melindungi dari hal-hal yang mungkin terjadi.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com