Rabu, 15 Oktober 2014

Wadai Lam Barabai

Manisnya Wadai Lam Barabai Sampai ke Mekkah

lam barabai2










Konon katanya, kue lam sendiri asal mulanya berasal dari Arab, seperti terlihat pada namanya yang merupakan salah satu huruf hijaiyah Arab. Barabai, Hulu Sungai Tengah, menjadi daerah utama pembuat kue lam. Karena kekhasannya, banyak orang dari luar daerah yang memburu resep kue ini. Kue ini bahkan disukai hingga di luar negeri. Kabarnya juga dikirim sampai Perancis.BANJARMASIN,HABAR (Jumat, 19/7) – Satu lagi kue yang menjadi primadona di Kalimantan Selatan. Kue lam adalah kue khas Barabai yang sudah dikenal luas hingga ke luar negeri. Kue ini dulunya merupakan makan para raja Banjar yang berkuasa di banua. Alhamdulillah,kini kita tidak perlu jadi raja untuk bisa menikmati kue khas ini. Nikmatnya kue ini bahkan terasa sampai tanah suci Mekkah. Wow. Berikut laporan dari dangsanak kita Rijali.
Kue lam biasanya juga banyak dikirim ke Mekkah, baik sebagai oleh-oleh, maupun bekal dari para jamaah haji dan umrah.
Sepintas kue ini tampa seperti lapis legit, namun rasanya dan teknik memasaknya berbeda. Bahan dasar kue lam adalah tepung, mentega, telur, dan gula. Adonan bahan-bahan tersebut dimasukan ke dalam loyang kemudian dibakar diatas tungku api lapis demi lapis hingga semua menyatu dan matang. Dalam pembuatan kue ini memakan waktu hingga tiga jam.
“yup,,,pernah marasai ulahan Banjarmasin tp beda jua wan yg ulahan asli empu x..di Barabai hihihi, menurut q telur bebek yg digunakan mempengaruhi cita rasa baik bebek kampung, bebek tambak air, atau bebek kandang angkat, yang kada kena banyu,” ujar Ilham, pemuda gagah dari Barabai.
Kue ini memang memiliki cita rasa yang khas. Jika Anda penikmat makanan manis dijamin ketagihan menikmati rasa manis dan lembutnya yang melebur dimulut. Di Barabai kue ini dijual berkisar antara 90-110ribuan per loyang. Kue ini ada dua jenis ada kue lam basah juga kering. Bagi Anda yang ingin icip icip dulu, tidak perlu khawatir karena Anda juga bisa membeli kue dengan potongan yang lebih kecil. (habar)
Foto : Aidha
Terimakasih sudah mengunjungi : www.habaronline.com

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com